4 Macam Teknik Arsir



        Teknik arsir merupakan salah satu teknik yang paling utama dalam melukis wajah dengan menggunakan pensil, arsiran yang padat sangat menentukan kualitas gambar lukisan dan tentunya akan menambah nilai estetika gambar lukisan tersebut.


        Jenis-jenis arsiran dalam melukis wajah dengan menggunakan pensil sangat bermacam-macam. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai macam-macam arsiran yang sering digunakan dalam melukis wajah dengan menggunakan pensil.
1. Teknik Arsir Hatching


Belajar Teknik Arsir


        Teknik arsiran yang pertama adalah hatching, teknik arsiran ini merupakan teknik paling dasar yang digunakan dalam membuat arsiran dan paling mudah untuk dilakukan. Kita hanya perlu membuat garis sejajar secara beruntun. Semakin padat jarak garis yang kita buat, maka hasilnya akan semakin lebih bagus.

2. Teknik Arsir Crosshatching



Arsir


        Teknik arsiran ini hampir mirip dengan teknik arsiran hatching. Perbedaannya terdapat garis yang menyilang pada arsiran ini. Sehingga arsiran ini sering kita buat dengan cara di tumpuk. Arsiran ini sering digunakan dalam pembuatan bayangan dalam membuat lukisan wajah dengan menggunakan pensil.

3. Teknik Arsir Circusilm



Gambar Arsir


        Teknik Arsiran ini berbeda dengan teknik arsiran diatas, karena cara membuat arsiran ini dengan membuat lingkaran-lingkaran kecil yang ditumpuk, teknik arsiran ini jarang sekali digunakan \, akan tetapi teknik ini sering digunakan dalam melukis wajah dengan menggunakan pensil warna. Mungkin di dalam artikel ini selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara melukis dengan menggunakan pensil warna.

4. Teknik Arsir Pointilisme



Teknik Arsiran


        Sebenarnya teknik arsiran ini merupakan jenis lukisan, akan tetapi teknik arsiran pointilism sering kali digunakan dalam melukis wajah dengan menggunakan pensil, namun teknik ini kurang efektif dalam mengarsir sebuah kulit dan sangat sulit untuk di kolaborasikan dengan teknik arsiran yang lainnya.

Nah sobat, itulah penjelasan tentang teknik-teknik Arsir yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba .

Comments

Popular posts from this blog

Teknik-teknik dalam menggambar bentuk